Selasa, 06 Desember 2016

Makalah Perkembangan Islam di Brunei Darussalam



KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan pembahasan tentang “Perkembangan Islam di Brunei Darussalam”. Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada nabi besar Muhammad SAW, yang membimbing umat manusia dari gelapan menuju jalan yang terang benderang dan dipenuhi teknologi yang canggih seperti sekarang ini dengan atas ridho Allah SWT.
            Walaupun penulis sudah berupaya semaksimal mungkin, untuk menyelesaikan makalah ini, penulis tetap menyadari penulisan makalah ini jauh dari kesempurnaan dan banyak terdapat kesalahan disana-sini, seperti materi yang kurang jelas maupun cara penulisannya. Sehingga kritik dan saran yang sifatnya membangun, penulis sangat mengharapkannya.
    Akhirnya dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan dosen pembimbing yang telah membantu dalam penyelesaian dan mengarahkan pembuatan makalah ini, mudah-mudahan Allah SWT akan membalas dengan pahala yang berlipat ganda dan makalah ini selalu mendapat ridho dari-Nya, amin.

Pekanbaru, Maret 2014

Penulis


PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
            Brunei Darussalam adalah Negara yang terletak di antara Laut Cina Selatan di Utara dan di sisi lain dikelilingi oleh Sarawak, Malaysia. Sebelah timur Brunei terdiri daratan  tinggi yang ketinggiannya 184 km di bukit pagon, sementara Brunei bagian barat terdiri dari bukit-bukit belembah. Brunei masih ditutupi hutan yang lebat.
Asia tenggara merupakan salah satu dari tujuh wilayah peradaban Islam lainnya, yang terdiri dari  wilayah peradaban Islam–Arab, Islam-Persia, Islam-Turki, Islam-Afrika, Islam anak benua India dan terakhir adalah wilayah peradaban Islam yang disebut Westeren Hemisphere. Islam masuk dikawasan Asia Tenggara melalui cara damai dan ramah serta toleran selama berabad-abad berbeda karakteristik dengan Islam dikawasan lain, terutama diwilayah Timur Tengah yang penyebarannya melalui perang atau penakhlukan. Sehingga menyebabkan Islam yang ada dikawasan Asia Tenggara adalah Islam yang lunak atau akomodatif, termasuk didalamnya mencakup hal kepercayaan, praktek keagamaan dan tradisi setempat. Yang akhirnya terbawa sampai pada penerimaan masalah ideologi.

Banyak ahli mencoba menjelaskan latar belakang mengapa Islam dapat diterima dan meluas sebagai agama mayoritas masyarakat Asia Tenggara. Salah satunya menyatakan bahwa para pedagang muslimlah yang menyebarkan agama Islam disana. Pendapat tentang masalah kapan kedatangan Islam di Asia Tenggarapun masih dalam perdebatan. Sebagian berpendapat bahwa kedatangan Islam sudah berlangsung sejak abad pertama Hijriyah (abad 7 M). pendapat ini berdasarkan berita Cina dari zaman T’ang yang menyebutkan keberadaan orang-orang Ta-shih (yakni Arab) yang tidak jadi menyerang kerajaan Ho-Ling  dibawah Ratu Sima (674 M). Pendapat ke-2 menyatakan bahwa Islam masuk ke Asia Tengara baru terjadi pada abad ke- 13  dengan hipotesa akibat peruntuhan Dinasti Abasiyyah oleh serangan Hulagukhan 1258M. Data yang memperkuat pendapat ini adalah catatan Marcopolo, berita Ibn Batutah serta batu nisan Sultan Malik al-Shaleh  tahun 1297M. pendapat ke-3 menyatakan bahwa Islam datang sampai membentuk masyarakat muslim baru terjadi pada abad ke-13 dengan melihat data arus penyebaran, kedatanan dan perkembangan ajaran tasawuf di kawasan Asia Tenggara.

Pada makalah kali ini kami akan membahas mengenai  perkembangan Islam di Brunei Darusallam, pembahasannya masuknya islam di Brunei Darussalam, proses masuknya agama Islam dan perkembangan Islam di Brunei Darusallam. Brunei Darusallam terkenal Negara yang merupakan masyarakat yang mayoritas menganut agama Islam dan syariat Islam di jadikan sebagai landasan hukum Negara.



PEMBAHASAN
1.      Masuknya Islam di Brunei Darusslam
Agama Islam diperkirkan telah lama tersebar di Brunei. Pada tahun 1511, Melaka telah jatuh ketangan Portugis. Mulanya Portugis menumpukan kepentingan wilayahnya kepada semenenjung Tanah Melayu dan Selat Melaka. Tetapi pada tahun 1526, berikutan dengan tercapainya satu perjanjian perniagaan dengan Brunei, Portugis telah membuka perniagaan di Brunei. Pada masa itu Brunei telah menjadi tempat persinggahan para pedagang disepanjang lalu lintas perkapalan Malaka dan Ternate.
Menurut riwayat china, pada 977, raja Puni telah menghantar utusannya ke China yang diketuai oleh Pu Ya-li, qadhi Qasim dan Sheikh Noh. Ini membuktikan bahwa agama Islam sudah dipeluk oleh orang berpengaruh di Brunei. Dalam sejarah China, dicatatkan bahwa pada 1370 Brunei atau Puni pada masa itu rajanya  bernama Ma-ha-mo-sya(sultan Mohammad Shah) telah menghantar utusan ke China dengan membawa sepucuk surat menggunakan tulisan khat yang bentuknya sama dengan tulisan Huiku, tulisan orang Islam keturunan Turki yang mendiami daerah Uighur.
Berdasarkan data diatas, dipercayai agama Islam telah masuk ke Brunei jauh sebelum tahun 1368. Sesudah Awang Alak Baetatar(sultan Muhammad Syah), Islam barulah menjadi agama resmi bagi seluruh Negara. Disebutkan juga oleh riwayat China bahwa utusan China, yang diketuai oleh seorang Islam bernama Cheng Ho, yang datang ke Brunei pada 1405, mendapati bahwa di Brunei telah ada kerajaan Islam dan keluarga raja tersebut disebutnya dengan sebutan “Pengiran”. Pengganti sultan Muhammad Shah adalah Pateh Berbai yang setelah diangkat menjadi sultan bergelar sultan Ahmad. Menurut salasilah raja-raja Brunei, sultan Ahmad kemudian digantikan oleh menantunya sultan Sharif Ali berasal dari Taif., seorang keturunan Nabi dari jalur Sayyidina Hasan. Beliau kawin denga putri sultan Ahmad bernama Putri Rana Kesuma. Setelah sultan Ahmad wafat, sultan Sharif Ali diangkat menjadi sultan ke3, dengan gelar sultan Berkat. Yang perlu dicatat dari sultan Sharif Ali adalah bahwa beliaulah yang sebenarnya menanamkan ajaran Islam sesuai dengan ajaran ahl sunnah wa jama’ah dengan mazhab syafi’i. Selain itu, beliau pula yang menentukan arah kiblat yang betul, karena ajaran Islam sebelumnya banyak bercampur dengan ajaran Hindu-Budha.
Sultan Sharif Ali wafat pada 1432 dan digantikan oleh putra baginda bernama Sultan Sulaiman. Keturunan sultan Sharif Ali inilah yang melahirkan keturunan Sultan dan raja-raja Brunei sampai hari ini. Dua dari peletak asas dan pembangunan kesultanan Brunei yang berpengaruh adalah Sultan Sulaiman dan Sultan Bolkiah. Dibawah pemerintahan Sultan
Bolkiah itulah Brunei mencapai masa kegemilangan. Era keemasan ini berlanjut selama beberapa waktu hingga kedatangan pengembara-pengembara barat, seperti pelaut berbangsa Portugis, Ludovico de Vartema (1507), dan Antonio Pigfetta (1521), yang banyak menceritakan masa keemasan Brunei.
Adapun nama-nama Sultan yang pernah menguasai kesultanan Brunei adalah sebagai berikut:


1. Sultan Muhammad Syah (1363-1402)
2. Sultan Ahmad (1408-1425)
3. Sultan Sharif Ali (1425-1432)
4. Sultan Sulaiman (1432-1485)
5. Sultan Bolkiah (1485-1524)
6. Sultan Abdul Kahar (1524-1530)
7. Sultan Saiful Rijal (1533-1581)
8. Sultan Syah Brunei (1581-1582)
9. Sultan Muhammad Hasan (1582-1598)
10. Sultan Abdul Jalilul Akbar (1598-1659)
11. Sultan Abdul Jalilul Jabbar (1659-1660)
12. Sultan Haji Muhammad Ali (1660-1661)
13. Sultan Abdul Hakkhul Mubin (1661-1673)
14. Sultan Muhyiddin (1673-1690)
15. Sultan Nasaruddin (1690-1710)
16. Sultan Husin Kamaluddin (1710-1730)dan 1737-1740)
17. Sultan Muhammad Alaudin (1730-1737)
18. Sultan Omar Ali Saifudin (1740-1795)
19. Sultan Muhammad Tajudin (1795-1804) dan (1804-1807)
20. Sultan Muhammad Jamalul Alam I (1804)
21. Sultan Muhammad Kanzul Alam (1807-1826)
22. Sultan Muhammad Alam (1826-1828)
23. Sultan Omar Ali Saifudin II (1828-1852)
24. Sultan Abdul Momin (1852-1885)
25. Sultan Hashim Jalilul Alam Aqamaddin (1885-1906)
26. Sultan Muhammad Jamalul Alam II (1906-1924)
27. Sultan Ahmad Tajudin (1924-1950)
28. Sultan Haji Omar Ali Saifudin III (1950-1967)
29. Sultan Haji Hassanal Bolkiah (1967- sekarang)

Banyaknya penyebar-penyebar Islam dari Brunei diwilayah Filipina Selatan, kemegahan Sultan Bolkiah, dan berkembangnya perdagangan telah menyebabkan cemburu dan iri hati penguasa Spanyol di Manila. Itulah diantara penyebab kolonial Spanyol di Manila mengirim sepucuk surat kepada Sultan Saiful Rijal, yang isinya selain menuduh Brunei menghasut orang-orang Islam di Filipina untuk memberontak terhadap kekuasaan Spanyol, meminta paksa agar diizinkan menyebarkan agama Kristen di Brunei. Tentu saja, Sultan Saiful Rijal berang dan menolak keras isi surat tersebut. Akibatnya, Spanyol pada April 1578 mengirim armada laut ke Brunei dengan maksud menundukan dan menguasai Brunei. Tetapi ternyata Sultan Saiful Rijal berhasil mematahkan serbuan armada laut Spanyol tersebut, sehingga mereka kembali ke Manila dengan tangan hampa.

Pemerintahan negara Brunei, sebagaimana tercatat dalam kanun Brunei dan pernah dijalankan sebelum menyebarluasnya sistem atau gaya pemerintahan ala barat (Inggris), adalah suatu pemerintahan yang terdiri dari Sultan, jema’ah perunding, dan penasihat, yaitu duli-duli wajir, pangiran bendahara, pangiran di-gadong, pangiran temenggong, pangiran pamancha, kadhi besar, dan beberapa orang ceteria (sebutan orang melayu untuk satria).

Dimulai pada zaman pemerintahan sultan Muhammad Hasan(1582-1598) Brunei mempunyai pemerintahan yang berbentuk piramida; dengan sultan berada pada puncaknya, sedang dibawahnya adalah empat orang wajir, yakni pangiran bendahara, pangiran di-gadong, pangiran temenggong, dan pangiran pamancha. Dibawah para wajir terdapat 60 orang ceteria, yang terdiri dari seorang perdana ceteria, 4 kepala ceteria, 8 ceteria besar, 16 ceteria penalasan, dan 32 ceteria damit. Ceteria adalah jawatan tertinggi selepas wajir dalam susunan hierarki pemerintahan di Brunei. Gelar ceteria ini adalah anugerah dari Sultan kepada mereka yang keturunan atau berdarah raja. Oleh karena itu, rakyat  biasa tidak boleh diberi gelar ceteria.
Berkaitan dengan masuknya Islam di Brunei ditemukan beberapa sumber yang berbeda yaitu:
a.       Dalam Ensiklopedi Islam dijelaskan bahwa Islam mulai diperkenalkan di Brunei  pada tahun 977 melalui jalur timur Asia Tenggara oleh pedagang-pedagang dari negeri Cina. Islam menjadi agama resmi negara semenjak Raja Awang  Alak Betatar masuk Islam dan berganti nama menjadi Muhammad Shah (1406-1408). Perkembangan Islam semakin maju setelah pusat penyebaran dan kebudayaan Islam Malaka jatuh ke tangan Portugis (1511) sehingga banyak  ahli agama Islam pindah ke Brunei. Kemajuan dan perkembangan Islam semakin nyata pada masa pemerintahan Sultan Bolkiah (sultan ke-5), yang wilayahnya meliputi Suluk, Selandung, kepulauan Suluk, kepulauan Balabac samapai ke Manila. Masuknya Islam di Brunei didahului oleh tahap perkenalan. Islam masuk secara nyata ketika raja yang berkuasa pada saat itu menyatakan diri masuk Islam, lalu diikuti oleh penduduk  Brunei dan masyarkat luas. Sehingga cukup beralasan jika Islam mengalami perkembangan yang begitu cepat.
b.      Dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia dikatakan bahwa agama Islam masuk ke Brunei pada abad ke-15. Sejak itu, kerajaan Brunei berubah menjadi kesultanan Islam. Pada abad ke-16 Brunei tergolong kuat di wilayahnya, dan daerah kekuasaannya  meliputi pula beberapa pulau di Filipina selatan. Perubahan nama dari kerajaan menjadi kesultanan memberi informasi bahwa Islam di Brunei mendapat perhatian yang serius dari pihak pemerintah. Hal ini menjadi salah satu faktor sehingga penganut agama Islam semakin bertambah             banyak.
c.       Di sumber lain dikatakan bahwa silsilah kerajaan Brunei didapatkan pada Batu Tarsilah yang menuliskan silsilah raja-raja Brunei yang dimulai dari Awang Alak Batatar, raja yang mula-mula memeluk agama Islam (1368) sampai kepada Sultan Muhammad Tajuddin (Sultan Brunei ke-19, memerintah antara 1795-1804 dan 1804-1807). Data ini menunjukkan sistim pemerintahan di Brunei adalah kesultanan atau monarki mutlak Islam, dan semuanya sangat memeperhatikan Islam sebagai agama resmi negara.
d.      Menurut Azyumardi Azra bahwa awal masuknya Islam di Brunei yaitu sejak tahun 977 kerajaan Borneo (Brunei) telah mengutus P’u  Ali ke istana Cina. P’u Ali adalah seorang pedagang yang beragama Islam yang nama sebenarnya yaitu  Abu Ali. Pada tahun itu juga diutus lagi tiga duta ke istana Sung, salah seorang di  antara mereka bernama Abu Abdullah. Peran para pedagang muslim dalam penyebaran Islam di Brunei telah terbukti dalam catatan    sejarah.
e.       John L. Esposito seorang orientalis yang pruduktif banyak menulis tentang sejarah Islam, menurutnya bahwa Islam pertama kali datang di Brunei pada abad ke-15 dan yang pertama kali memeluk Islam adalah raja Berneo. Pendapat Esposito  ini sejalan dengan pendapat lainnya bahwa pihak raja atau sultan  yang lebih awal menyatakan diri masuk Islam, lalu kemudian diikuti oleh         masyarakatnya.

2.      Tokoh Yang Menyebarkan Islam di Brunei Darussalam
Tokoh yang menyebarkan Islam di Brunei Darussalam, seperti: Syarif Ali penyebar Islam dan dia adalah seorang Sultan Brunei. Serta sahabatnya yaitu: Saiyid Alwi al-Faqih Muqaddam, Syeikh Adam, Syeikh Sulaiman bin Abdur Rahman, Saiyid Abu Bakar, Saiyid Hasan al-Hadad. Dan seterusnya di lanjutkan oleh keturunan-keturunan setalah ia wafat, seperti: Sultan Syah Berunai, Sultan Muhammad Hasan,  Raja Dungu Sultan Muhammad Hasan (nombor dua) memperoleh putera tiga orang, yaitu:
1. Sultan Tengah
2. Sultan Abdul Jalilul Akbar
3. Sultan Muhammad Ali
Dipercayai Syarif Ali adalah seorang ulama, tujuan pengembaraannya ialah menyebarkan agama Islam. Di Brunei, dari aktivitinya mengajar masyarakat awam akhirnya dapat mempengaruhi pemimpin-pemimpin kerajaan Brunei sehingga Syarif Ali diambil jadi menantu oleh Sultan Ahmad (Sultan Brunei yang kedua). Sultan Ahmad mangkat, sekitar tahun 1425 M, para pembesar dan rakyat Brunei sepakat menabalkan Syarif Ali sebagai Sultan Brunei(Sultan Brunei yang ketiga).
Selanjutnya beliau digelar Sultan Berkat. Sebagai seorang ulama, setelah menjadi sultan, beliau menjadi contoh sebagai insanul kamil bagi masyarakat Brunei. Beberapa penulis sejarah Brunei merakamkan, “Maka Syarif Ali inilah mendirikan agama Islam dan mengeraskan syariat Nabi kita Muhammad s.a.w. di Brunei dan membina masjid-masjid.”
Menurut riwayat, sebelum Syarif Ali menjadi sultan, sultan-sultan yang terdahulu belum mendirikan masjid. Diriwayatkan pula bahawa Syarif Ali selain sebagai seorang sultan, beliau sendiri menjadi imam sembahyang fardu, sembahyang Jumaat, dan menjadi khatib hari Jumaat dan kedua-dua hari raya.
Ini bererti dirinya sebagai seorang ulama, imam dan sultan mesra menyatu, bersepadu dan tertanam kasih sayang ke seluruh lubuk hati masyarakat yang beragama Islam.Pendapat Pangiran Haji Mohammad mengenai Syarif Ali pergi pula ke Jawa untuk mengislamkan Raja Majapahit yang bernama Perabu Angka Wijaya masih sukar untuk diterima kerana bertentangan pendapat dengan beberapa orang penulis.
Mengenai di mana lokasi kerajaan Cermin, menurut beliau, juga Pehin Dr. Haji Awang Mohd. Jamil Al-Sufri, yang kedua-dua pendapat berasal dari pendapat Habib Alwi Al-Hadad, adalah di Brunei, perlu dikaji semula. Ini kerana wujud kontroversi dengan beberapa pendapat lain terutama penulis-penulis yang berasal dari Patani dan Kelantan.
            Selepas Syarif Karim Makhdum datang pula Syarif Abu Bakar pada tahun 1450 Masihi. Beliau juga dipercayai seorang mubaligh yang banyak pengalaman dan aktiviti dakwahnya dilakukan sejak dari Melaka, Palembang dan Brunei.
3.      Proses Penyebaran Islam di Brunei Darussalam
a.      Melalui Perdagangan
Pedangangan Portugis dan Arab merupakan golongan yang memainkan peranan penting dalam penyebaran islam di sekitar pulau-pulau Melayu. Brunei juga merupakan salah satu kawasan yang dianggap menerima islam melalui golongan itu.
Pada abad ke-19, perdangan-perdangan Arab-Persia menguasai perdagangan laut diantara dunia Arab hingga ke Cina. Malah mereka menjadi penghubung diantara Kepulauan Melayu dengan Cina. Sejarah Cina menggelarkan Brunei sebagai polisi mencatatkan bahwa ia mempunyai pelabuhan yang maju dan disinggahi oleh pedangang-pedangang Asia seperti: Arab, Persia, India, dan Cina.
            Pedagang-pedangan Islam ini boleh jadi menyebarkan Islam itu sendiri. Membawa ulama-ulama Islam atau kapal-kapall mereka atau mengadakan perkawinan dengan pennduduk setempat.
b.      Melalui Perkawinan
Amalan perkawinan merupakan salah satu faktor universal yang membantu penyebaran Islam di tempat, dan di dunia ini. Dalam konteks penyebaran Islam di Asia tenggara Brunei juga tidak terkecuali. Perkawinan di antara tokoh pendakwah Syarif ali dengan putrid raja Brunei dianggap telah banyak memberikan sambungan kepada kita pada perkembangan Islam di Brunei, dan di tambah pulabelia menjadi Sultan Brunei yang ke-5, inin semakin memudahkan dalam usaha-usaha penyebaran islam di Negara itu.
c.       Melalui Dakwah-Dakwah Para Pendakwah
Kegiatan Islam oleh pendakwah Islam sangat dianggap berpengaruh ini di mulai pada kurun waktu yang ke 10 dan seterusnya. Ia berkemungkinan terbit dari persaingan yang wujud di antara Islam dan  Kristen melalui cirri-ciri peramg salib yang berlaku di Eropa. Di antara pendakwah Islam yang memainkan peranannya seperti Syekh Alwi Al Fakeh Al-Muqqaddam.
4.      Demografi Wilayah Brunei Darussalam
a.      Jumlah Penduduk Umum Brunei Darussalam
Pada tahun 1984 Brunei Darussalam hanya memiliki 221.900 jiwa, tahun 1989 terdapat 267.000 jiwa dengan kaum muslim sebagai mayoritas.
b.      Luas Wilayah, Letak, dan Kondisi Fisik Negara Brunei Darussalam
Identitas Negara Brunei Darussalam:
Nama negara               : Brunei Darussalam
Ibukota negara            : Bandar Seri Begawan
Bentuk negara             : Kesultanan
Kepala Negara                        : Sultan
Lagu kebangsaan        : Allah Peliharalah Sultan
Bahasa resmi               : Melayu dan Inggris
Agama                         : Islam
Mata uang                   : Dolar Brunei
Industri                       : Bahan bakar dan gas cair
Hari besar                    : 1 Januari 1984
Bekas jajahan              : Inggris

http://www.lonelyplanet.com/maps/asia/brunei/map_of_brunei.jpg
Gambar 4.1 Peta Negara Brunei Darussalam
            Negara Brunei Darussalam berada di bagian utara wilayah Malaysia Timur.  Secara astronomis wilaya Brunei Darussalam berada di 114° BT - 115° 30 BT dan 4° LU - 5° 15LU. Sebelah utara Brunei berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Adapun bagian timur, selatan, dan barat dikelilingi oleh Malaysia Timur. Brunei Darussalam mempunyai luas wilayah 5.763 km2. Wilayah Brunei Darussalam terbagi menjadi dua, yaitu wilayah Barat dan wilayah Timur. Wilayah Barat meliputi daerah Belait, Tutong, Brunei, dan Muara. Wilayah Barat kenampakan alamnya berupa dataran rendah. Wilayah Timur meliputi daerah Temburong. Wilayah Timur kenampakan alamnya berupa daerah perbukitan. Sungai-sungai yang mengalir di Brunei Darussalam, antara lain Sungai Tukong, Sungai Belait, Sungai Brunei, dan Sungai Temburong.
            Brunei Darussalam berbatasan dengan laut Cina Selatan dan diapit oleh 2 wilayah Malaysia yakni Sabah dan Serawak serta di perintah oleh seorang Sultan. Negara Brunei dibagi menjadi 4 daerah yaitu: Belait, Muara, Temburong dan Tutong. Kota-kota utama Negara ini disamping Bandar Seri Begawan (ibu kota) adalah Muara, Kuala Belait, dan Penaga (kota minyak dan kota rekreasi). Oleh karena kemakmurannya pendidikan dan kesehatan di berikan kepada rakyatnya secara cuma-cuma.

c.       Jumlah Penduduk Islam di Brunei Darussalam
Brunei Darusalam hanya berjumlah 267.000 jiwa (1989). agama: Islam( 63,4 %) atau 169.278 jiwa, Budha (14 %) atau 37.380 jiwa, Kristen (9,7%) atau 25.899 jiwa, lain-lain (12,9 %) atau 34.443 jiwa .
5.      Organisasi Islam Di Brunei Darussalam
Di Negara Brunei Darussalam berdiri sebuah organisasi islam seperti Organisasi Koferensi Islam (OKI) yang bertujuan untuk menyebarkan islam dan memajukan masyarakat islam untuk kearah yang lebih baik lagi serta dalam organisasi terdapat peraturan seperti di larang minum minuman keras. Sultan pernah menghadiri konferensi ini di Qatar pada bulan September 1992.
Selain itu, posisi sentral Islam lagi-lagi diperkuat dengan didirikannya Tabung Amanah Islam Brunei (TAIB) atau Dana Amanah Islam Bruei, yaitu lembaga finansial pertama di Brunei yang dijalankan berdasarkan syari’at Islam. Diantara tujuan TAIB adalah mengelola dana TAIB, dan kemudian mendukung investasi dan perdagangan yang meliputi investasi dibidang bursa dan pasar uang, berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi dan industry baik didalam maupun di luar negeri, dan menjalankan fungsi-fungsi lainnya yang akan diatur secara berkala. Lembaga ini beroperasi melalui sistem tabungan dan tabungan itu kemudian diinvestasikan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Keuntungan akan diberikan kepada investor pada periode tertentu setelah dipotong zakat dan biaya manajemen TAIB.
Langkan lain yang ditempuh sultan adalah menjadikan Islam benar-benar berfungsi sebagai pandangan hidup rakyat Brunei dan satu-satunya ideologi negara. Untuk itu dibentuk jabatan hal Ehwal Agama yang bertugas menyebarkan paham Islam. Baik kepada pemerintah beserta aparatnya maupun kepada masyarakat luas. Brunei mengembangkan hubungan luar negeri dengan masuk Organisasi Konferensi Islam, ASEAN dan PBB.

6.      Bentuk Respon Pemerintah Terhadap Perkembangan Islam di Brunei Darussalam
Islam di Brunei, berkembang dan maju lebih pesat dalam bentuk pemerintahannya maupun rakyat Melayu brunei dalam mensyariatkan dan menjalankan agama. Itu terlihat sekali, islam masuk ke Brunei dengan jalan damai tanpa ada paksaan. Karena agama resmi brunei adalah islam. Namun agama lainpun tidak di larang, ini terbukti diantaranya penduduknya hidup saling berdampingan dan saling berinteraksi antar sesamanya.
            Dilihat dari ekonomi masyarakat Melayu Brunei hidup dalam mencungkupi kebutuhan mereka lebih stabil dan sejahtera, karena pemerintahan sangat memperhatikan kebutuhan yang di hadapi oleh rakyatnya. Hal ini terlihat dari kekayaan dan hasil Negara Brunei tersebut.
            Secara teoritis, mayoritas penduduk Brunei (90%) oaring Melayu Muslim, namun ada yang dari goloangan pendatang sekitar 10% orang cina. Islam mendapat perlindungan dari Negara yang memungkinkan pemerintah memberlakukan kebijaksanaan di bidang ke Agamaan tanpa banyak melalui kesulitan. Dan untuk memberlakukan kebijaksanaan di bidang agama pada masa sultan Hasan di lakukan berbagai cara yang menyangkut pemerintahan:
1.      Menyusun pemerintah Agama, karena Agama memainkan peran penting dalam memandu Negara brunei kearah kesejahteraan.
2.      Menyusun adat istiadat yang di pakai dalam semua upacara baik mapun duka, di samping menciptakan atribut kebesaran dan perhiasan Raja.
3.      Menguatkan undang-undang Islam yaitu hukum Islam.
Sistem pemerintahan di Brunei di pimpin oleh seorang sultan, dan pada pemerintahan sultan Bolkiah Brunei Berjaya menguasai dua wilayah di kepulauan philipina yaitu pulau sulu dan seludang adat selurong. Pemerintahan juga memanfaatkannya sebagian kekayaan dari sumber minyaknya untuk menyediakan pendidikan dan perawatan kesehatan Cuma-Cuma serta mendirikan perumahan bagi penduduknya yang secara tradisional selalu hidup di atas kota Air.
Perkembangan Islam di Brunei didukung sepenuhnya oleh  pihak pemerintah kesultanan yang menetapkan konsep kepemimpinan sunni yang ideal dengan menetapkan prinsip ketatanegaraan dan pemerintahan dalam Islam. Karena Sultan (raja) memiliki wewenang penuh dalam bidang agama maka hubungan antara Sultan dan agama menjadi sangat kuat. Meskipun  agama lain seperti Kristen, Budha dan Hindu dapat dianut dan dilaksanakan secara damai dan harmonis, namun pemerintah menegaskan sejumlah batasan bagi pemeluk agama non-Islam, antara lain pelarangan bagi non-muslim untuk menyebarkan agamanya. Tidak dibenarkan satu sekolah pun, termasuk sekolah swasta mengajarkan agama selain Islam, termasuk materi perbandingan agama, selain itu seluruh sekolah termasuk sekolah Cina dan Kristen diharuskan mengajarkan materi pelajaran Islam kepada seluruh siswanya.


PENUTUP
1.      Kesimpulan
Asia tenggara merupakan salah satu dari tujuh wilayah peradaban Islam lainnya, yang terdiri dari  wilayah peradaban Islam–Arab, Islam-Persia, Islam-Turki, Islam-Afrika, Islam anak benua India dan terakhir adalah wilayah peradaban Islam yang disebut Westeren Hemisphere. Islam masuk dikawasan Asia Tenggara melalui cara damai dan ramah serta toleran selama berabad-abad berbeda karakteristik dengan Islam dikawasan lain, terutama diwilayah Timur Tengah yang penyebarannya melalui perang atau penakhlukan. Sehingga menyebabkan Islam yang ada dikawasan Asia Tenggara adalah Islam yang lunak atau akomodatif, termasuk didalamnya mencakup hal kepercayaan, praktek keagamaan dan tradisi setempat. Yang akhirnya terbawa sampai pada penerimaan masalah ideology.
Agama Islam diperkirkan telah lama tersebar di Brunei. Pada tahun 1511, Melaka telah jatuh ketangan Portugis. Mulanya Portugis menumpukan kepentingan wilayahnya kepada semenenjung Tanah Melayu dan Selat Melaka. Tetapi pada tahun 1526, berikutan dengan tercapainya satu perjanjian perniagaan dengan Brunei, Portugis telah membuka perniagaan di Brunei. Pada masa itu Brunei telah menjadi tempat persinggahan para pedagang disepanjang lalulintas perkapalan Malaka dan Ternate.

2.      saran
Penulis menyadari  makalah ini jauh dari kesempurnaan, mungkin banyak kesalahan disana-sini, seperti penulisan yang kurang tepat, tata bahasa tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau pembahasan yang kurang lengkap, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang mendukung agar penulisan makalah untuk kedepan lebih baik dan lengkap.


DAFTAR PUSTAKA
Suhaimi. 2006. Cahaya Islam di Ufuk Asia Tenggara. Pekanbaru: Suska Press UIN Suska Riau
http://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Brunei ; Jam 20.04 tanggal 14. 03. 2014
http://kota-islam.blogspot.com/2013/03/sejarah-masuk-islam-di-brunei-darussalam.html; Jam. 20.21 tanggal 14. 03. 2014
http://aafandia.wordpress.com/2009/05/20/hukum-islam-di-negara-brunei-darussalam/  ; Jam 20:16 tanggal 18. 03 2014
http://bankwahabi.wordpress.com/2007/03/12/syarif-ali-penyebar-islam-dan-sultan-brunei/ ; jam 20.35 tanggal 18. 03. 2014




4 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa untuk kunjungi website kami untuk mendapatkan info menarik seputar berita teknologi desktop, gadget, gaming, notebook, mobile, software and tips : HypeTech

    BalasHapus
  2. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    BalasHapus
  3. Agama Islam diperkirkan telah lama tersebar di Brunei. Pada tahun 1511, Melaka telah jatuh ketangan Portugis. Mulanya Portugis menumpukan kepentingan wilayahnya kepada semenenjung Tanah Melayu dan Selat Melaka. Tetapi pada tahun 1526, berikutan dengan tercapainya satu perjanjian perniagaan dengan Brunei, Portugis telah membuka perniagaan di Brunei. Pada masa itu Brunei telah menjadi tempat persinggahan para pedagang disepanjang lalulintas perkapalan Malaka dan Ternate.
    Agama Islam diperkirkan telah lama tersebar di Brunei. Pada tahun 1511, Melaka telah jatuh ketangan Portugis. Mulanya Portugis menumpukan kepentingan wilayahnya kepada semenenjung Tanah Melayu dan Selat Melaka. Tetapi pada tahun 1526, berikutan dengan tercapainya satu perjanjian perniagaan dengan Brunei, Portugis telah membuka perniagaan di Brunei. Pada masa itu Brunei telah menjadi tempat persinggahan para pedagang disepanjang lalulintas perkapalan Malaka dan Ternate.

    Ustadz Salaf
    Contoh Kerangka Penelitian
    samsung vs xiaomi
    Ustadz Khalid Basalamah
    Ustadz Syafiq Riza Basalamah
    Ustadz Yazid Jawas

    BalasHapus